• MI TA'MIRUL WATHON 02 SIKANCIL
  • Unggul dalam prestasi berlandaskan Iman, Taqwa, Akhlak, Budaya dan Teknologi

Mendikbudristek: PTM Terbatas Bukan Sekolah Seperti Biasa

Jakarta, 9 Juni 2021 --- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluruskan mispersepsi yang terjadi dalam beberapa pemberitaan terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Mendikbudristek sekali lagi menyatakan bahwa PTM terbatas tidak sama seperti sekolah tatap muka biasa. Hal tersebut diutarakannya di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (9/6).

“Apa yang Bapak Presiden sampaikan pada Senin (7/6) lalu benar bahwa pembelajaran yang kita upayakan bersama adalah tatap muka terbatas. Sekali lagi, terbatas,” tekan Nadiem.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan contoh praktik baik dalam melaksanakan PTM terbatas, dimana satuan pendidikan dapat mengatur satu kelas hanya diisi 25 persen murid, kegiatan belajar mengajar hanya dua jam dan satu minggu hanya dua kali pertemuan.

Menteri Nadiem menyampaikan, “Contohnya seperti yg disampaikan oleh Bapak Presiden. Sekolah yang sudah atau dalam proses melakukan PTM terbatas dengan durasi belajar dan jumlah murid berbeda tetap diperbolehkan selama mengikuti protokol kesehatan dan di bawah batas maksimal yang tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”.

Lebih lanjut, Mendikbudristek menegaskan, “Tidak ada perubahan dalam SKB. SKB tersebut menuangkan aturan maksimal. Sekolah bisa menerapkan PTM terbatas dengan sedikit demi sedikit”.

Diketahui bahwa sekitar 30% satuan pendidikan telah melakukan PTM terbatas sesuai situasi dan kondisinya masing-masing. Sebagian baru memulai PTM terbatas beberapa bulan terakhir, ada pula yang sudah melakukan PTM terbatas sejak tahun lalu.

“Seperti halnya para guru, orang tua, dan murid yang saya dengar langsung keluhannya dalam melakukan pembelajaran jarak jauh, Bapak Presiden juga menyampaikan kepeduliannya,” sebut Nadiem.

Presiden menyampaikan bahwa pembelajaran jarak jauh pada kenyataannya menyulitkan anak, orang tua, dan guru. “Beliau menyampaikan, kita harus memiliki keberanian untuk mendorong PTM terbatas yang tentu saja disertai penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat,” tutup Nadiem.

Sebelumnya, Kemendikbudristek dan Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) di Masa Pandemi COVID-19 yang dapat membantu kelancaran penyelenggaraan PTM Terbatas. Panduan dapat diunduh di laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id atau spab.kemdikbud.go.id.

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/06/mendikbudristek-ptm-terbatas-bukan-sekolah-seperti-biasa

Tulisan Lainnya
Dorong Sekolah Tatap Muka, Mendikbudristek: Tidak Ada Tawar-Menawar

Jakarta, NU Online Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengingatkan seluruh insan pendidikan terhadap risiko-risiko baik jangka pendek maupun jangka panjang yang akan muncul jika pem

10/06/2021 10:08 - Oleh Abdul Hakim - Dilihat 15 kali
Menag: Belajar Tatap Muka Jadi Pilihan Paling Efektif

Jakarta, NU Online Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) merupakan pilihan cara yang paling efektif. Hal ini karena masih terjadi ketimpangan d

10/06/2021 10:05 - Oleh Abdul Hakim - Dilihat 12 kali
Presiden Minta Sekolah Tatap Muka Hanya 2 Jam Sehari, 2 Hari Sepekan

Jakarta, NU Online Presiden Joko Widodo meminta pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru mendatang dilakukan secara ekstra hati-hati. Pembelajaran tatap muk

10/06/2021 10:01 - Oleh Abdul Hakim - Dilihat 11 kali
Disiplin Protokol Kesehatan Kunci Suksesnya PTM Terbatas

Jakarta, 8 Juni 2021 --- Membangun budaya bersih dan sehat oleh warga sekolah sangat penting dalam menekan angka penyebaran Covid-19. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendid

09/06/2021 21:47 - Oleh Abdul Hakim - Dilihat 14 kali
Kemendikbudristek: Persiapkan PTM Terbatas dengan Baik

Jakarta, 8 Juni 2021 --- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menekankan pentingnya persiapan sekolah dalam rencana penyelenggaraan pembelajara

09/06/2021 21:46 - Oleh Abdul Hakim - Dilihat 9 kali
Modul AKM Guru MI

Silahkan didownload, dishare, dan dimanfaatkan.Semoga bermanfaat bagi Tendik dan Kamad.Baarakallaah.Aamiin. 1. Literasi  2. Numerasi  3. Sains

09/06/2021 20:07 - Oleh Abdul Hakim - Dilihat 16 kali